Kamis, 02 Agustus 2012

1.2. Pengertian riset/penelitian


1. Pengertian riset bisnis dan manajemen dan struktur buku ini
1.2.Pengertian riset/penelitian

Mungkin sudah sangat sering kita mendengar istilah riset dari berbagai media elektronik dan cetak. Tetapi terkadang kita sering terjebak dengan aktivitas yang mungkin saja bukan riset atau penelitian. Mengumpulkan fakta atau informasi tanpa adanya tujuan yang jelas, serta mengatur dan mengurutkan data tanpa interpretasi, keduanya belum dapat disebut riset.

Riset memiliki tiga karakteristik utama yaitu:
  1. Data dikumpulkan secara sistematis,
  2. Data diinterpretasikan secara sistematis,
  3. Ada tujuan yang jelas yang akan dicapai.
Sehingga kita dapat mendefinisikan riset sebagai sesuatu yang orang lakukan untuk mengetahui sesuatu secara sistematis, yang selanjutnya meningkatkan pengetahuannya. Riset sistematis bermakna bahwa riset didasarkan pada hubungan logis dan bukan keyakinan semata. Dalam hal ini, riset akan melibatkan penjelasan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data, akan menyatakan bahwa hasil yang didapatkan memiliki makna, dan akan menjelaskan segala keterbatasan yang diasosiasikan dengannya. Tujuan riset dapat berbentuk menggambarkan, menjelaskan, memberi pemahaman, mengkritisi dan menganalisis. Selain itu juga harus terdapat tujuan yang jelas yang akan dicari tahu, seperti jawaban sebuah pertanyaan atau sejumlah pertanyaan (Ghauri dan Gronhaug, 2002).

Daftar isi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belahan Jiwaku Akhirnya di kembali ke Sang Pencipta

Kisah pilu, yang tertuang di posting tahun lalu, harus bertambah lagi. Di bagian akhir posting tersebut, saya sudah menceritakan bagaimana k...