Membuat email sebagai Syarat Membuat Blog
Saat membuat blog kita diminta memasukkan identitas diri kita dengan berupa alamat e-mail dan data diri lainnya. Akan lebih baik bila sebelum kita memulai pembahasan bagaimana membuat blog, kita awali dengan penjelasan cara membuat email.

Ada berbagai macam domain penyedia fasilitas email. Mungkin kita sudah sering mendengar hal itu. Di kesempatan ini kita akan mencoba memulai membuat akun email di Gmail. Nah, ikuti beberapa tahapan yang akan kita bahas berikut ini:
  1. Masuk ke situs resmi gmail di www.gmail.com.
  2. klik tombol “create an account” untuk membuat akun email baru.
  3. Isi data diri dimulai dari: “First name”: yaitu nama depan kita.
  4. Kemudian isi “Last name” atau nama belakang kita.
  5. Masukkan nama login yang diinginkan sebagai identitas diri di gmail. Panjangnya minimal 6 karakter maksimal 30 karakter. Setelah itu silahkan coba klik “check availability!” untuk memeriksa apakah nama e-mail yang kita inginkan masih tersedia dan boleh kita gunakan. Bila nama yang kita ajukan tidak tersedia, silahkan coba cari lagi nama yang sekiranya unik (bisa ditambah dengan komposisi angka). Apabila nama yang diajukan sudah ada dan tersedia, lanjutkan ke langkah 6.
  6. Pada kolom “Choose a password”, masukkan kata kunci minimal 8 karakter. Bisa berupa kombinasi huruf dan angka. Kata kunci ini sifatnya personal dan rahasia untuk membuka email yang telah dibuat nantinya.
  7. Re-enter password”: silahkan ketik kembali password yang sudah diketik sebelumnya. Tujuannya untuk menghindari kesalah ketik dalam penulisan kata kunci yang diinginkan.
  8. Kita bisa mengaktifkan “remember me on this computer” bila kita ingin kata kunci kita diingat oleh komputer sehingga untuk membuka email kita selanjutnya tidak perlu memasukkan kata kuncinya lagi. Dan pengangktifan “enable web history” bila kita ingin menyimpan data website yang telah kita kunjungi.
  9. Pada isian “Security Question” pilih beberapa pertanyaan standar atau buat sendiri pertanyaan khusus dengan jawaban unik yang nantinya akan menjadi bantuan bila kita lupa kata kunci di masa yang akan datang.
  10. Answer”: diisi dengan jawaban yang telah kita tetapkan sebelunya di langkah no.9.
  11. Masukkan email lain yang kita miliki bila kita punya atau kosongkan saja pertanyaan “secondary email” ini bila kita tidak punya e-mail lainnya.
  12. Isian “Location” diisi saja dengan negara dimana kita berada.
  13. Selanjutnya ketikkan huruf pada isian yang disediakan sesuai gambar verifikasi pada “Word Verification”. Huruf yang dimasukkan tidak case-sensitif dalam artian bisa diketik dalam huruf besar atau huruf kecil.
  14. Lanjutkan dengan membaca “Terms of Service” dan setelah itu bila kita setuju dengan aturan yang ditetapkan oleh gmail, kita bisa melanjutkan dengan mengklik tombol bertuliskan “I accept. Create my account”.
  15. Tunggu beberapa saat hingga gmail selesai memverifikasi pengajuan kita. Bila ada ucapan selamat dari gmail, artinya email kita sudah jadi. Tetapi bila ternyata kembali ke daftar isian sebelumnya artinya terjadi kesalah yang harus diperbaiki. Kesalahan tersebut ditandai dengan tulisan berwarna merah pada bagian isian yang salah. Silahkan diperiksa kembali dan perbaiki serta isi daftar isian yang masih kosong.
  16. Bila sudah selesai silahkan login pada akun email Anda dengan memasukkan kata kunci yang sudah dimasukkan pada saat pengisian daftar isian sebelumnya.
Selamat Mencoba. Semoga berhasil.
Artikel Terkait :


0 Responses

Posting Komentar

  • Komen Terkini