Cara Membuat Hyperlink yang Membuka Webpage Referensi di Window atau Tab Baru
Bagi kamu yang suka ngeblog, menyisipkan hyperlink dalam postingan terkadang perlu untuk memperjelas dan mempersingkat pembahasan. Hyperlink menurut ensiklopedia bebas, merupakan sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.

Bahasa sederhananya, hyperlink merupakan serangkaian karakter (perpaduan huruf dan atau angka) atau object yang memberikan acuan referensi yang berasal dari dokumen tertentu baik dari yang bersumber dari komputer yang sama, maupun dari dokumen yang tersimpan di server dan dapat diakses secara online.

Masih bingung juga? Silahkan mengklik gambar tulisan ‘Keuangan Praktis’ diatas, perhatikan apa yang terjadi. Lalu coba klik tulisan ‘hiperteks’ (berwarna merah) diatas, anda akan bisa melihat perubahan yang terjadi. Sekali lagi coba klik gambar ilustrasi di posting ini, dan amati perubahan yang terjadi.

Blogger memberikan fasilitas hyperlink ini dalam memposting tulisan kamu. Dalam menulis terkadang kita mereferensikan dokumen dari webpage dalam website yang lain. Menjadi masalah karena tanpa dimodifikasi, webpage kita yang masih aktif akan otomatis berubah menjadi webpage yang direferensikan. Untuk mengatasi ini kita perlu memodifikasinya.

Untuk memodifikasinya, ikuti cara berikut:
  1. Buka akun kamu baik di blogger.
  2. Pilih Edit Entri dari blog yang kamu akan modifikasi hyperlink-nya.
  3. Klik Edit pada tulisan yang hendak kamu modifikasi.
  4. Buka Tab Edit HTML dan cari script hyperlink yang ditandai dengan script berikut: <a href="url tujuan" >link</a>
  5. Tambahkan script target="blank", setelah “url tujuan” dari format script hyperlink di langkah 4. Hasilnya seperti ini: <a href="url tujuan"target="_blank">link</a>
  6. Setelah itu klik Terbitkan Entri.
  7. Klik Lihat Blog.
Amati perubahan yang terjadi setelah kamu mengklik hyperlink yang sudah kamu modifikasi. Dengan mengklik hyperlink tersebut maka halaman asli webpage kamu tidak berubah, tetapi link referensi akan dibuka pada tab atau window yang baru.

Selamat mencoba, semoga berhasil.
Artikel Terkait :


0 Responses

Posting Komentar

  • Komen Terkini