Yuk Belajar dari Negeri China
Sekarang dengan menggunakan windows mobile saya bisa update konten blog saya. Sebenarnya, gadget yang saya gunakan adalah gadget lama, tapi sudahlah, yang penting bisa tetap blogging. Syik asik....

Ulasan saya di waktu lalu benar adanya bahwa China memang pada gilirannya akan unggul secara ekonomi di seluruh dunia. Tidak muluk bahwa statement ini dibuktikan dengan semakin banyaknya orang dari berbagai belahan dunia datang kesana hanya untuk mencari pekerjaan akibat melemahnya ekonomi eropa dan amerika.

Memang petumbuhan ekonomi China tumbuh dengan pesat tidak terlepas dengan kebijakan visioner pemimpinnya yang membolehkan perusahaan perusahaan raksasa dunia untuk membuka pabrik disana dengan biaya rendah akan tetapi diwajibkan untuk mencantumkan China sebagai negara pembuatnya.

Walhasil, lambat laun, pandangan tentang rendahnya kualitas produk-produk buatan China akan dapat ditepis.

Strategi sangat cerdik melihat bahwa Jepang dulunya punya permasalahan yang sama tentang image kualitas produk mereka sebelum mereka sendiri yang bekerja keras untuk menepis anggapan tersebut dengan membuat produk berkualias baik dengan harga yang lebih murah dibanding produk pesaing seperti dari eropa dan amerika.

Pertanyaan yang seharusnya dapat dijawab adalah, kapan ya negara kita bisa punya kebijakan yang lebih cerdik dari itu agar wacana Indonesia menjadi "macan dunia" bisa terwujud.
Artikel Terkait :


Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

  • Komen Terkini