Business Goals, Tujuan Mulia dalam Konteks Bisnis


Setiap orang memiliki impian, harapan, dan cita-cita. Tujuan inilah yang mengarahkan setiap individu untuk beraktivitas, bertindak, dan berprilaku agar tujuan semakin mungkin untuk terealisasi. Layaknya setiap individu, bisnis dapat dipandang layaknya individu. Oleh sebab itu, sangat penting untuk tersedianya tujuan yang dapat mengarahkan bisnis untuk dapat dengan mudah merealisasikannya.

Pada dasarnya, founding father (pendiri) suatu bisnislah yang meletakkan nilai dasar dari suatu bisnis. Semakin baik nilai dasar yang ditetapkan, yaitu nilai dasar yang mampu untuk mengantisipasi perubahan dan menjawab tantangan kedepannya, lah yang dapat menentukan apakah suatu bisnis itu dapat survive dan memiliki perkembangan yang sustainable. Begitu pentingnya nilai dasar ini sehingga secara formal, semakin besar suatu bisnis, semakin penting rasanya untuk memiliki blue print nilai dasar tersebut, untuk dapat tertanam di seluruh lapisan individu yang terlibat di dalam organisasi.

Bagaimana prosedur formal yang umumnya diformulasikan perusahaan pada umumnya sebagai berikut. Pendiri perusahaan menjaga nilai dasar perusahaan kemudian mengembangkannya melalui cara yang natural sebagaimana dengan meningkatnya kompleksitas bisnis. Peningkatan jumlah pegawai misalnya dilakukan melalui proses seleksi yang mensyaratkan calon pegawai yang memiliki kemiripan pandangan dengan si pendiri perusahaan. Begitu seterusnya sehingga ada efek bola salju terhadap prosedur penjaringan pegawai baru tersebut.

Selanjutnya, secara formal ditetapkanlah visi, misi, strategi, taktik, melalui koridor kredo yang telah dibawah pendiri perusahaan. Visi merupakan mimpi mulia yang akan dicapai oleh perusahaan. Dalam perumusannya, visi tidak ditentukan untuk mudah direalisasikan. Umumnya berupa sesuatu yang hamper tidak mungkin untuk dicapai. Hal ini penting, karena bila visi mudah untuk dicapai, perusahaan akan mengalami disorientasi, dan akan meredam dinamika positif dalam organisasi. Efeknya, lemahnya inovasi dan matinya kreatifitas setiap individu dalam bisnis. 

Misi bertugas untuk menjabarkan berbagai tujuan yang lebih kecil yang dipersiapkan untuk memungkinkan visi dapat tercapai. Dengan penentuan tujuan yang lebih kecil dan realistis, maka misi membantu bisnis untuk mencapai tujuannya.  Sehingga secara kolektif, bila seluruh misi yang sudah ditetapkan telah tercapai barulah visi dapat terwujud. Seiring perjalanan waktu dan tantangan yang dinamis, maka diperlukan misi yang dapat menjawab tantangan tersebut. Ada kalanya misi dapat berubah tergantung prioritas dan kondisi. Adakalanya penjadwalannya yang disesuaikan terkait dengan kapan harus dimulai, dan kapan harus diselesaikan, dengan secara relative memandang berbagai misi lain yang telah ditetapkan. 

Panduan praktis untuk mencapai misi merupakan strategi. Secara umum strategi memang ditetapkan sebelumnya. Dipersiapkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan dihadapi pada saat menjalankan misi. Dalam skala yang lebih kecil, taktik diperlukan untuk merealisasikannya. Istilahnya, dengan taktik, maka dapat terjawab pertanyaan tentang bagaimana jika suatu rencana tidak dapat dijalankan, apa yang selanjutnya harus dilakukan, bagaimana rencana B nya, dan sebagainya.

Jadi karena ditetapkan dengan batasan visi yang memegang nilai nilai luhur, baik misi, strategi, maupun taktik akan juga benilai luruh dan mulia, sesuai dengan koridornya.
Artikel Terkait :


Label: edit post
2 Responses
  1. Lady Mia Says:

    KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.


  2. Kelly Wood Says:

    Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada mereka yang membutuhkan bantuan keuangan segera, dan mereka yang telah ditolak mendapat kredit dari bank karena rendahnya skor kredit, pinjaman usaha, Pinjaman Pendidikan, pinjaman mobil, pinjaman rumah, pinjaman Perusahaan (dll), atau untuk membayar hutang atau tagihan buruk mereka, atau siapa yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, Perusahaan Pinjaman yang dapat diandalkan Ibu. Kelly memberikan pinjaman dengan tingkat bunga sangat rendah sebesar 2% telah mengakhiri semua masalah keuangan Anda untuk sekali dan selamanya, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu. Kelly
    KELLYWOODLOANFIRMLTD
    Kellywoodloanfirm@gmail.com


Posting Komentar

  • Komen Terkini