Diujung Pena-ntian
Perjalanan selama empat bulan yang ditutup dengan satu ujian akhir berakhir sudah. Walaupun secara formal belum ditutup tetapi beban yang dipikul selama ini serasa lepas untuk sementara. Paling tidak sampai hasil pengumuman tes tersebut diumumkan dalam beberapa hari lagi.

Kritisi tentang metode penyelenggaraan ini sudah pernah saya ulas. Tidak persis sama dengan ini, tetapi secara umum tantangan dan keuntungan yang ditawarkan juga senada. Kandidat dapat menjadi termotivasi atau sebaliknya, terdemotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik dari batasan itu. Saya berharap, bagaimanapun hasilnya itu tidak akan menyurutkan keinginan saya untuk terus belajar. Karena memang dari awal, tujuan saya adalah belajar. Semoga ini menjadi pembelajar berharga di masa yang akan datang.

Harapan yang tidak selalu sejalan dengan kenyataan juga dapat disikapi berbeda. Bagi orang yang bersyukur, kebijaksanaan mereka menghadapi ini mencerminan kepribadian yang tulus dan berserah diri. Semoga kita semua bisa menjadi orang yang demikian.
Artikel Terkait :


Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

  • Komen Terkini