Business Plan: Dokumen Apa dan Bagaimana Menjalankan Rencana Bisnis
Hari ini setelah memberikan kuliah yang saya persingkat waktunya, saya segera bergegas menyiapkan bahan presentasi untuk acara pembinaan UMKM. Sebuah program pendampingan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi. Kebetulan saya diutus fakultas untuk mengisi acara ini.

Semangat rasanya membayangkan akan berbagi dengan calon pengusaha besar. Walaupun pengalaman saya terbilang dangkal untuk yang satu ini, tapi semoga pertemuan ini bisa menjadi inspirasi bagi semuanya atau paling tidak untuk diri saya sendiri.

Pemaparan memang sudah dimulai sebelum saya datang. Panel pengalaman beberapa pengusaha mengenai operasionalisasi bisnis mereka sampai pada pemaparan alternatif akses kredit yang pernah dialami memang mengundang perhatian ekstra dari para audience.

Setelah break isoma, tibalah giliran saya. Tema pembuatan business plan yang sejatinya dibahas satu semester penuh, saya paparkan hanya dalam waktu efektif satu jam. Beban juga rasanya. Untuk menebus rasa bersalah ini, di akhir pemaparan saya berikan alamat blog www.keuanganpraktis.com ini sebagai media respon atau pertanyaan konten materi business plan tersebut. Untuk materi presentasinya silahkan unduh disini. Materi tersebut sengaja saya desain secara sistematis sehingga secara praktis bisa dijadikan acuan menyusun business plan.

Semoga pertemuan itu menjadi manfaat. Amien.
Artikel Terkait :


Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

  • Komen Terkini