Laporan Laba Rugi
Laporan laba-rugi melaporkan pendapatan dan beban selama periode waktu tertentu berdasarkan konsep penandingan (matching concept). Konsep ini ditetapkan dengan menandingkan beban dengan pendapatan yang dihasilkan selama periode terjadinya beban tersebut. Laporan laba-rugi juga melaporkan kelebihan pendapatan terhadap beban-beban yang terjadi. Kelebihan ini disebut laba bersih (net income atau net profit). Jika kelebihan beban melebihi pendapatan, maka disebut rugi bersih (net loss).

Dampak dari pendapatan yang dihasilkan dan beban yang terjadi selama periode akuntansi (bisa sebulan atau setahun) perusahaan beroperasi ditunjukkan dalam persamaan sebagai kenaikan dan penurunan ekuitas pemilik (modal). Laba bersih untuk periode waktu tertentu mempunyai pengaruh yaitu menaikkan ekuitas pemilik (modal) dalam periode tersebut, dan sebaliknya, apabila terjadi rugi bersih akan menurunkan ekuitas pemilik (modal) dalam periode bersangkutan.

Pendapatan, beban, dan laba bersih dari periode bersangkutan dilaporkan dalam laporan laba-rugi berdasarkan urutan daftar beban yang terdapat dalam laporan tersebut berbeda-beda tergantung jenis perusahaan. Salah satu metode untuk mengurutkan beban adalah dengan menyusunnya berdasarkan besarnya beban, biasanya dimulai dari beban terbesar. Beban rupa-rupa biasanya ditempatkan pada urutan terakhir tanpa memperdulikan besarnya beban rupa-rupa tersebut.
Artikel Terkait :


Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar

  • Komen Terkini