Cara Membuat dan Menambah Form Isian Data Multifungsi Pada Blogger
Seiring perkembangan blog, terkadang kita menginginkan komunikasi dua arah, selain informasi yang kita sajikan melalui posting artikel, kita membutuhkan data yang bersumber dari pengunjung blog kita. Bentuknya bisa beragam, mulai dari polling sederhana, sampai dengan pertanyaan pertanyaan kompleks.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, kita bisa menambahkan form isian di posting, menu sidebar, atau dimanapun di webpage sesuai keinginan Anda. Contoh penggunaan pada posting yang ditambahkan atau disisipkan form bisa dilihat pada pasang iklan jual beli, atau posting pasang iklan kesempatan berkarir dan lowongan pekerjaan. Ingin tahu caranya membuatnya? Ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Google Docs, lalu Sign In (bagi yang telah memiliki account di google). Bagi yang belum memiliki silahkan ikuti cara mendaftarnya disini.
  2. Pilih Menu Formulir (Form) pada dropdown Menu Baru (New).
  3. Silahkan beri judul form pada isian Untitled form.
  4. Masukkan informasi untuk membantu pengunjung yang akan mengisi form pada isian You can include any text or info that will help people fill this out. Sifatnya optional, boleh diisi boleh tidak.
  5. Masukkan pertanyaan yang diinginkan pada isian Question Title.
  6. Masukkan isian Help Text, isi dengan penjelasan dan atau contoh untuk memandu pengunjung dalam mengisi jawaban. Sifatnya optional, boleh diisi boleh tidak.
  7. Pada Question Type, isi dengan berbagai pilihan tergantung jenis pertanyaan yang diinginkan, antara lain:
    • Text untuk menampilkan isian berupa teks pendek.
    • Text paragraph, untuk menampilkan isian berupa jawaban teks yang sifatnya penjelasan yang relatif panjang.
    • Multiple choice, untuk menampilkan pilihan jawaban berganda. Bila Anda memilih pilihan ini, lanjutkan dengan memasukkan pilihan pilihan jawaban yang Anda inginkan. Biasanya pilihan berganda banyak digunakan untuk polling.
    • Check boxes, digunakan untuk menampilkan pilihan centang/cawang atas jawaban-jawaban yang benar menurut pengunjung.
    • Chose from list, digunakan untuk menampilkan dropdown pilihan yang pilihannya sudah ditentukan oleh pembuat pertanyaan. Bila Anda memilih pilihan ini, lanjutkan dengan memasukkan pilihan pilihan jawaban yang diinginkan yang nantinya pengunjung memilih satu jawaban.
    • Scale, digunakan untuk memberikan skala jawaban atas pertanyaan yang memerlukan penilaian dari pengunjung. Silahkan tetapkan berapa skala yang akan digunakan, misalnya 1 sampai 5, dengan keterangan 5 adalah yang terbaik, atau silahkan ganti sesuai keinginan.
  8. Centang Make this a required question bila pertanyaan yang dibuat wajib diisi oleh pengunjung.
  9. Bila ingin membuat pertanyaan lagi, klik tombol Add item dan silahkan ulangi langkah 3 hingga langkah 8 untuk menambah pertanyaan hingga selesai seluruh pertanyaan yang diinginkan.
  10. Klik tombol Done bila seluruh pertanyaan yang diinginkan telah selesai dibuat.
  11. Pilih tema, dengan mengklik tombol Theme: Plain, lalu pilih tema (theme) sesuai keinginan.
  12. Untuk menampilkan form di webpage, diletakkan pada berbagai tempat. Untuk contoh mesukkannya pada posting silahkan gunakan pilihan Embed pada menu More action. Copy codenya dan sisipkan pada posting dimana form pertanyaan akan ditampilkan.
Silahkan mencoba. Semoga berhasil.
Artikel Terkait :


0 Responses

Posting Komentar

  • Komen Terkini