Standar Gaji Indonesia: Apa Gaji Kamu Sudah Sesuai?
Pengangguran. Satu kata ini memang jadi momok yang menakutkan. Tidak nyaman rasanya mendengar kata ini nempel di status pekerjaan kita. Apalagi kalau nempelnya di nama yang sudah ada embel-embel gelarnya. Malu rasanya. Berkelit dengan mengaku berprofesi sebagai pengacara (baca: pengangguran banyak acara) pun terkadang jadi senjata untuk mengatasi ketidak nyamanan ini.

Badan Pusat Statistik Indonesia mempublikasikan pada bulan Agustus tahun 2008 tingkat pengguran mencapai 8,39% dengan perhitungan bahwa terdapat 9.394.515 orang angkatan kerja yang menganggur. Sedangkan jumlah penduduk yang bekerja mencapai 102.552.750 orang. Terlepas dari kemungkinan ketidak akuratannya, data ini paling tidak, bisa memberikan gambaran besarnya jumlah pengangguran di negeri tercinta kita ini. Klik disini untuk lebih detailnya.

Terlepas dari itu semua, bagi kamu yang gak mau jadi penganguran dan sedang mencari kerja atau kamu yang sudah kerja tetapi bingung mau memutuskan tetap kerja di tempat sekarang atau ingin pindah ke tempat lain tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan. Persiapan mental, spiritual, dan dukungan materi tentunya juga harus kamu pertimbangkan.

Bagi kamu yang sedang dan akan mengikuti proses seleksi penerimaan karyawan di sektor swasta (coz: pegawai negeri, gaji sudah terstandar) selain harus punya referensi diri mengenai kompetensi yang kamu tawarkan, kamu juga harus bisa menilai seberapa besar komptensi kamu terkait manfaatnya terhadap perusahaan sasaran. Jelaskan dengan gamblang mengapa kamu layak untuk menduduki posisi yang kamu inginkan.

Satu hal yang terkadang menurut kita, orang timur, kedengarannya tabu untuk diperdebatkan adalah besaran gaji. Akibatnya kita hanya mereka-reka tanpa punya gambaran jelas tentang berapa standar gaji untuk posisi yang kita minati atau yang sedang kita geluti. Sebagai bahan pertimbangan, Kelly Services Indonesia spesialis rekruitmen tenaga kerja mempublikasikan berbagai standar gaji karyawan tahun 2008/09 untuk berbagai posisi di berbagai industri.

Besaran gaji setiap industri bervariasi. Sebagai gambaran untuk industri perbankaan dan keuangan, dari yang terkecil dengan posisi remittence/settlement/loan clerk bergaji minimal Rp. 1.500.000,- per bulan, hingga posisi Finance Manager dengan gaji maksimal Rp. 35.000.000,- per bulan. Untuk lebih jelasnya silahkan download filenya dengan link disini.

Tetapi harus diingat, banyak hal yang mempengaruhi besaran gaji tersebut. Lokasi misalnya. Tentu tidak akan sama standar gaji di Jakarta dengan di berbagai kota kecil di Indonesia. Bagaimanapun juga, selain menimbang kapasitas kamu, kebutuhan hidup juga harus menjadi pertimbangan kamu untuk mengajukan besaran gaji bagi kamu sebagai calon karyawan. Menegosiasi kembali standar gaji sangat mungkin dilakukan bagi kamu yang berstatus karyawan aktif.
Artikel Terkait :


0 Responses

Posting Komentar

  • Komen Terkini