Buat Blog Blogspot di Blogger yuk! Gratisan Kok...
Gak mau dibilang mati gaya. Makanya ekspresikan diri kamu melalui situs pribadi atau lazimnya disebut webblog atau lebih singkat lagi, blog. Sebenarnya sih ada beberapa situs penyedia blog gratisan or gretongan. Tetapi yang paling populer digunakan adalah Blogger dan Wordpress.

Pada kesempatan ini kita tidak akan banyak membahas mana yang lebih baik antara keduanya. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tapi kedua-duanya gratis atau gretong boo... Kita akan membuat blog menggunakan Blogger karena ada satu kelebihannya. Mau tau? Yah, karena blog ini dibangun dengan Blogger. Jadi paling tidak sudah ada sedikit pengalaman lebih dan dukungan kemudahan berbahasa Indonesia.

Nah caranya seperti ini:
  1. Pastikan kita sudah punya alamat email. Kalau belum, saya sarankan silahkan buka akun email gmail. Kenapa sebaiknya gmail? Yah alasannya karena gmail satu grup bisnis dengan Blogger sehingga banyak mendukung kompatibilitas. Bagi yang belum memiliki email, silahkan baca petunjuk langkah-langkah pembuatan email dengan domain gmail disini.
  2. Masuk ke situs Blogger klik disini, selanjutnya klik ciptakan blog Anda.
  3. Masukkan alamat email pada kolom isian Alamat email. Ini harus diisi.
  4. Senjutnya ketik ulang alamat email Anda untuk menghindari kesalahan ketik.
  5. Masukkan sebuah password atau kata kunci untuk login Anda nantinya. Panjangnya setidaknya harus 8 karakter. Secara otomatis Blogger akan memeriksa kekuatan kata kunci Anda untuk alasan keamanan.
  6. Ketik Ulang password Anda untuk menghindari salah ketik.
  7. Nama Tampilan. Nama ini yang akan digunakan sebagai nama blog Anda. Harus unik dalam artian tidak sudah dipakai pengguna lain. Blogger akan memeriksa apakah nama yang Anda masukkan sudah tersedia untuk digunakan atau tidak.
  8. Ketikkan kata verifikasi yang tampil berupa gambar pada Verifikasi Kata.
  9. Baca persyaratan yang ditetapkan Blogger, dan bila Anda setuju silahkan setujui pernyataan bahwa Anda menerima persyaratan dan layanan Blogger. Setelah itu klik Lanjutkan.
  10. Selanjutnya pilih template standar yang disediakan Blogger. Sebaiknya Anda melakukan preview terlebih dahulu untuk memilih template yang paling tepat sesuai selera Anda. Bila sudah cocok dengan template standarnya silahkan klik lanjutkan (continue). Tetapi jangan khawatir, Anda nantinya bisa mengganti template standar tersebut dengan template yang lebih menarik yang bisa anda temukan pada menu blogging di blog ini atau melakukan Anda Googling sesuai selera.
  11. Selanjutnya silahkan posting untuk memposkan artikel yang Anda tulis.

Selamat Mencoba. Semoga berhasil.

Artikel Terkait :


0 Responses

Posting Komentar

  • Komen Terkini